Cari Blog Ini

Sabtu, 13 November 2010

Pemicu Kematian Dini


Bergadang,atau susah tidur,jg dikenal dengan insomnia,di kalangan anak muda "insomnia mania",yang terkadang diplesetkan dengan "insomniaholic". Semua istilah itu dikenal dengan kondisi kurang tidur yang berkelanjutan,sama sekali tidak baik bagi kesehatan.
Penelitian bahwa pria dengan insomnia kronis,sangat beresiko meninggal empat kali lebih cepat dibandingkan mereka yang hidup dengan pola sehat. Peningkatan resiko kematian ini juga disebabkan dengan pola tidur yang buruk dipengaruhi adanya hipertensi dan diabetes.Beberapa hal lainnya juga diperburuk dengan kebiasaan perilaku merokok dan minuman keras,depresi dan obesitas.
Berbeda halnya dengan wanita, ternyata insomnia tidak beresiko kematian dini. Wanita lebih mampu mengatasi masalah kurang tidur tanpa menurunkan harapan hidup mereka. Para peneliti masih mencari penjelasan kenapa insomnia lebih berbahaya bagi pria. "secara kumulatif temuan ini akan menyadarkan para dokter untuk tidak meremehkan insomnia. Masalah insomnia ini perlu didiagnosa secara dini dan diobati dengan tepat," kata Dr Alexandrios Vigontzas,peneliti utama.

Tidak ada komentar: