Cari Blog Ini

Jumat, 22 Juni 2012

Berbagai Pengobatan dengan Daun Kumis Kucing


Kumis Kucing (Orthosipon Spp) kadang disebut juga remujung, songot koneng, giri-giri marah, kidney tea plants, java tea, merupakan tanaman obat dengan tinggi tanaman mencapai 2 meter bahkan lebih.  Batang tanaman bersegi empat, terdapat alur, namun tidak nampak nyata. Daun Kumis Kucing berbentuk khas bulat lonjong, lanset, lancip pada bagian ujung, juga ada yang tumpul, sedangkan bunga Kumis Kucing sangat mencolok dengan adanya rambut-rambut putih memanjang, yang secara umum lurus mendatar, walaupun ada yang tegak mengarah ke atas dan agak ke bawah. Tanaman ini mengandung : ortosifonin, garam kalium, saponin, tannin. Daun kumis kucing di teliti mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal.
Daun Kumis Kucing  memiliki manfaat yang banyak sebagai obat, salah satu alternatif yang umumnya dipakai dalam pengobatan herbal yang sekarang banyak dipergunakan.
*Manfaat daun Kumis Kucing sebagai obat :
  1. Rematik
  2. Sakit pinggang
  3. Memperlancar saluran air kemih (diuretik)
  4. Batuk
  5. Susah BAB (sembelit)
  6. Masuk angina
  7. Radang ginjal
  8. Kasus batu ginjal
  9. Kencing manis
  10. Hipertensi (tekanan darah tinggi)
Penggunaan Daun kumis kucing dalam pengobatan :
1.      Sakit rematik
Siapkan 1 sendok kecil daun kumis kucing yang dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal ¾ gelas. Kemudian disaring dan diminum 1x sehari.
2.      Sakit pinggang
Siapkan 7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing yang sudah dicuci. Kemudian direbus dengan 1 gelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.
3.      Masuk angin
Siapkan 1 sendok daun kumis kucing dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus.
4.      Demam
Siapkan 100 g akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari.
5.      Nyeri buang air seni
Siapkan 1 sendok daun kumis kucing yang dilumatkan, 7 batang meniran, kemudian direbus dengan dua gelas air sampai air tinggal setengah. Minum air rebusan 3x sehari.
6.      Batu ginjal
-          Siapkan 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keji beling, dicuci. Kemudian direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari.
-          Siapkan 3 genggam daun kumis kucing, 5 helai daun keji beling dicuci, kemudian direbus dengan 2 gelas air. Minum airnya 2x sehari, pagi dan sore, selama 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air rebusan jagung muda, 1 x sehari. Hindari makan daging kambing, durian serta makanan pedas.
7.      Radang ginjal
Siapkan 40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air. Minum 3x sehari. Lakukan selama 1 minggu.
Demikianlah beberapa khasiat daun kumis kucing, semoga bermanfaat dan cepat sembuh
Tips :
  • Pada saat pengobatan dengan daun kumis kucing, juga bisa dicampurkan dengan obat yang lainnya. Selang waktu 1-2 jam untuk masing-masing.
  • Usahakan berpantang makanan, untuk mereka yang mempunyai pantangan makanan tertentu selama pengobatan.
Sumber : Majalah Trubus, Majalah Nurmala
^^  Semoga Cepat Sembuh ^^

Tidak ada komentar: