Cari Blog Ini

Jumat, 22 Juni 2012

Berbagai Pengobatan dengan Daun Sirsak


Kekayaan sumber alam Indonesia sendiri sangatlah beragam.Dari berbagai keragaman yang ada,mungkin hanya sebagian saja yang baru diteliti maupun dikaji.Salah satu keragaman tersebut adalah berbagai macam tumbuhan obatan,juga buah-buahan yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Adanya berbagai macam obat yang mempunyai efek terhadap pemakaian jangka panjang,menyebabkan lebih selektif  dengan pemilihan pengobatan yang ada.,sehingga beberapa sudah mulai beralih ke pengobatan herbal yang lebih aman serta lebih terjangkau.

Dalam pembahasan kali ini,kita berbagi mengenai manfaat daun sirsak dalam pengobatan herbal.

Sirsak, (Annona Muricata Linnmerupakan kerabat dekat srikaya (Anona squamosa Linn).
Tanaman sirsak sendiri berasal dari daerah tropis Amerika Selatan, yaitu sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina. Di tempat asalnya sendiri, sirsak merupakan buah penting dan bergengsi.
Senyawa yang terkandung dalam sirsak antara lain adalah alkaloid, flavonoid, saponin, steroid/ triterpenoid dan asetogenin.
Buah sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena di dalamnya mengandung zat-zat aktif  yang berkemampuan menangkal beragam macam penyakit, seperti untuk pengobatan hipertensi, asam urat, osteoporosis, serta meregenerasi sel sehingga bisa membuat awet muda. Manfaat lainnya juga untuk  meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan.
Tidak hanya buahnya sendiri yang bisa dimanfaatkan,ternyata  daun sirsak  sendiri juga mempunyai banyak manfaat juga untuk pengobatan penyakit,juga untuk menjaga kesehatan. Kita juga sering mendengar jika manfaat daun sirsak sendiri,ternyata sangat bagus untuk melawan penyakit. Berbagai macam produk kesehatan herbal dengan menggunakan daun sirsak ,juga sudah bisa kita dapatkan dengan mudah.
Beberapa manfaat daun sirsak  diantaranya untuk  mengobati kanker, tumor, dll.Seperti pada pengobatan alternatif herbal, khasiat daun sirsak sebagai pilihan pengobatankanker juga kerap masih diperdebatkan. Hal ini dapat dimaklumi dikarenakan belum banyak hasil penelitian ilmiah yang mendalami bahan-bahan herbal, seperti daun sirsak ini. dikarenakan pertimbangan biaya serta fakta di Indonesia kaya hayati ini pengobatan berbahan herbal dapat jauh lebih murah dibandingkan pengobatan medis, sehingga banyak yang mencoba menjalani pengobatan dengan menggunakan bahan herbal. Walau tanpa didukung penelitian ilmiah yang empiris, tentunya penggunaan bahan herbal masih semata-mata berdasarkan pengalaman mereka yang pernah menggunakan. Pembuktian empirik dan penelaahan ilmiah berbahan herbal juga didukung oleh pendapat beberapa praktisi medis serta pengalaman dari beberapa orang yang telah merasakan khasiat daun sirsak ini.Dokter sekaligus herbalis, dr. Paulus Wahyudi Halim menyatakan pendapatnya di majalah Trubus sehubungan dengan pengobatan kanker, “Tak ada peluru ajaib untuk menembak kanker. Tanaman obat harus campuran sehingga sinergis dan hasilnya maksimal. Sinergisme juga menetralisir efek samping.”
Dari kutipan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengobatan secara alternatif akan lebih efektif jika mengonsumsi herbal yang sinergis sehingga saling melengkapi dalam membantu pengobatan.
Khasiat Daun Sirsak dalam melawan Kanker
Beberapa penelitian,diantaranya yang dilakukan oleh The National Cancer Institute (Tahun 76), yang mengatakan khasiat dari  daun sirsak dapat melawan dan menghancurkan sel-sel kanker.  Selain bermanfaat dalam melawan kanker, buah sirsak  sendiri juga bisa untuk anti bakteri, anti jamur, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), depresi (stress) . Daya kerja daun sirsak sendiri bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker,seperti :
  • Kanker paru-paru
  • Kanker payudara
  • Kanker usus besar
  • Kanker pankreas
  • Kanker prostat
  • Kanker serviks
Kemampuan daun sirsak sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat dikarenakan  daun sirsak bermanfaat membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal. Sedangkan kemoterapi sendiri masih ada efek membunuh sebagian sel-sel yang normal. Sekarang anda tahu manfaat daun sirsak yang luar biasa ini.

Khasiat daun sirsak terhadap pengobatan penyakit
1.  Mengobati rematik
Cara pengobatan :
  • Siapkan beberapa daun sirsak yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda (biasanya diambil mulai dari daun yang ke 3 dari ranting) pilih warna yang hijaunya sedang.
  • Daun sirsak kemudian ditumbuk halus, setelah itu tumbukan daun tersebut kita tempelkan pada bagian yang terasa sakit.
2.  Obat sakit pinggang
Cara pengobatan :
  • Ambillah daun sirsak kira-kira 20 lembar. Diusahakan juga daun yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Kemudian dicuci bersih daun sirsak tersebut.
  • Daun sirsak kemudian direbus dengan perbandingan 20 lembar daun sirsak untuk 5 gelas air, rebus sampai airnya berkurang kira-kira menjadi 3 gelas
  • Minum ramuan tersebut, 1 kali sehari, sekali minum tiga perempat.
3.  Mengobati bisul
Cara pengobatan :
  • Ambillah beberapa lembar daun sirsak yang masih muda, jangan terlalu tua.
  • Kemudian daun sirsak tersebut kita tempelkan dibisul dan segera diganti lagi jika sudah mulai kotor.diulangi lagi beberapa kali
4.  Mengobati batu kencing
Cara pengobatan :
  • Ambillah daun sirsak kira-kira 10 lembar. Diusahakan juga daun yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Kemudian dicuci bersih daun sirsak tersebut.
  • Daun sirsak kemudian direbus dengan perbandingan 10 lembar daun sirsak untuk 3 gelas air, rebus sampai airnya berkurang kira-kira menjadi 1 gelas
  • Minum ramuan tersebut, 1 kali sehari.
5.  Mengobati kanker
Cara pengobatan :
  • Ambillah daun sirsak kira-kira 20 lembar. Diusahakan juga daun yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Kemudian dicuci bersih daun sirsak tersebut.
  • Daun sirsak kemudian direbus dengan perbandingan 20 lembar daun sirsak untuk 5 gelas air, rebus sampai airnya berkurang kira-kira menjadi 3 gelas
  • Minum ramuan tersebut 1 kali sehari.
  • Buah sirsak juga dimakan.
  • Berpantang daging dan ikan air tawar, karena daging adalah sumber protein dan energi bagi sel kanker untuk berkembang biak
Demikianlah beberapa khasiat daun sirsak, semoga bermanfaat dan cepat sembuh
Tips :
  • Selain mengatasi penyakit kanker, manfaat daun sirsak juga bagus untuk penderita asma,bronchitis,batuk, asbes, diabetes,jantung,  demam,disentri, gangguan empedu, hipertensi, cacingan, gangguan pencernaan, rematik, dan lainnya.
  • Bagi penderita lambung, sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi sirsak dikarenakan vitamin C yang terkandung sangat tinggi.
  • Karena kandungan vitamin C yang tinggi,merupakan sumber antioksidan yang alami.sangat bagus untuk melawan toksin serta meningkatkan daya tahan tubuh,juga memperlambat proses penuaan.
  • Pada saat pengobatan dengan daun sirsak,juga bisa dicampurkan dengan obat yang lainnya. Selang waktu 1-2 jam untuk masing-masing.
Sumber : Majalah Trubus, MajalahNurmala
^^  Semoga Cepat Sembuh ^^

Tidak ada komentar: