Cari Blog Ini

Kamis, 12 Juli 2012

Mengenal lebih banyak Lutein


Pastinya kita juga sering mendengar kata "lutein".. Apabila kita termasuk orang yang juga lebih banyak menghabiskan waktu di depan televisi dan komputer, apalagi anak-anak sekarang juga lebih suka bermain dengan barang-barang elektronik seperti portable game dan komputer.
Lutein atau bahasa latinnya luteus,artinya kuning ; merupakan pigmen yang berwarna merah jingga yang terdapat dalam sayuran dan buahan. Perannya sendiri sangat penting sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan mata, terutama untuk anak-anak dan lansia. Lutein terdapat dalam makula (suatu area kecil dari retina mata yang berperan penting dalam proses melihat) dimana fungsinya sendiri membantu melindungi mata terhadap radikal bebas dan sinar yang berenergi tinggi, seperti sinar biru (blue light) yang umumnya dipancarkan oleh layar komputer maupun televisi.
Disini, lutein berperan sebagai filter dalam penyerapan sinar biru tadi, dimana sinar biru ini sangat berbahaya bagi mata karena bisa mencapai retina dan merusak penglihatan. Apalagi, pada lensa mata anak-anak sendiri belum memiliki filter untuk menyerap sinar biru itu, sehingga bisa langsung mencapai retina dan merusaknya. Juga, untuk mereka yang sudah bertambah usianya, juga bisa berbahaya bagi penglihatan.
Sayangnya, lutein sendiri tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Salah satu caranya untuk memperoleh asupan lutein ini sendiri adalah dengan mengkonsumsi rutin makanan yang merupakan sumber lutein, seperti sayuran dan buahan yang berwarna kuning, hijau, dan oranye, seperti brokoli, kol, bayam, wortel, paprika, jagung, kiwi, dan jeruk.
Cara lainnya, adalah dengan menambah suplemen yang mengandung lutein sendiri. Sekarang, juga sudah banyak beredar produk yang mengandung lutein.
Berikut adalah beberapa yang bisa menjadi pilihan teman-teman ...
[slideshow]
Demikian manfaat dari lutein sendiri..  semoga bermanfaat ...   

Tidak ada komentar: